Mengubah Teks Image Hasil Scan Menjadi Teks yang Bisa di Edit

Thursday, March 1, 2012
Waw... kyaknya seru nch sobat.., he.., Bagi anda yang memiliki gambar hasil scan dari suatu dokumen dan ingin mengeditnya lagi, maka hal yang paling sering terlintas di pikiran banyak orang yang menulis ulang dokumen tersebut. Tentu saja ini tidak masalah selama hasil scan dokumen tersebut berjumlah 1 atau 2 lembar. Tapi bagaimana jika jumlah gambar scan dokumen yang ingin anda edit atau tulis ulang tersebut berjumlah ratusan lembar? Akan membutuhkan waktu yang sangat lama dan melelahkan untuk menulis ulang dokumen tersebut.

Beruntung ada sebuah teknologi yang dinamakan OCR (Optical Character Recognition). OCR adalah sebuah teknologi yang mampu menganalisa sebuah gambar dan mendeteksi teks yang ada di dalamnya. Hasil analisa teks yang ada di dalam gambar tersebut kemudian dimunculkan lagi menjadi teks yang benar-benar bisa diedit. Secara singkat, teknologi OCR ini mampu mendeteksi teks yang ada di dalam gambar sebuah dokumen (hasil scan maupun foto dokumen) dan mengekstraknya menjadi teks yang bisa anda edit.

Sayangnya kekurangan dari Free OCR ini yaitu hasil konversinya akan sedikit kacau jika image atau gambar Anda kurang jelas tulisannya, sehingga ketika proses konversi selesai Anda harus memeriksanya lagi untuk mengkoreksi bagian-bagian yang salah. Nah, agar hasil konversi maksimal sebaiknya resolusi image waktu sahabat SCAN bukunya set resolusinya pada 200 Dpi. Kelemahan lain dari aplikasi Free OCR adalah hasil konversi yang kacau ketika digunakan untuk meng-convert image teks berformat kolom, sehingga aplikasi ini nggak cocok buat mengkonvert scan-nan koran.

Cara menggunakan Aplikasi Free OCR ini sangat mudah, klik File/Open kemudian cari file yang ingin kita ubah (biasanya dalam bentuk JPG) dan edit menjadi teks, kemudian klik menu OCR/Start OCR Process maka proses konversi akan segera dilakukan. Setelah itu simpan atau copy-paste hasil konversi tersebut ke Ms.Word.

Ingat, sebelum menjalankan/Meng-install Free ORC, dibutuhkan NET Framework versi 2.0, Jika sobat belum punya bisa unduh disini dan untuk Free OCR disini jangan lupa comentnya..

0 komentar:

Post a Comment